MK Mulai Gelar Sidang Perdana Sengketa Pilpres

JAKARTA| Mahkamah Konstitusi (MK) hari ini menggelar sidang perdana gugatan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014 yang diajukan tim pasangan Prabowo-Hatta.

Gugatan yang diajukan tim advokasi Prabowo-Hatta ke MK dilakukan dengan membawa banyak bukti kecurangan Pilpres yang masif, terstruktur, dan bisa menciderai proses demokrasi di Indonesia.

Agenda sidang yang akan dibuka pagi ini adalah mendengarkan keterangan lisan dari kuasa hukum Prabowo-Hatta untuk menjelaskan pokok-pokok permohonan. Kemudian, hakim akan memberikan nasihat atau koreksi apabila permohonan ada yang perlu disempurnakan.

Baca juga:  Demokrat Bakal Tindaklanjuti Pertemuannya dengan PAN dan PKB Bahas Koalisi

Sementara Ketua MK Hamdan Zoelva meminta agar masyarakat tidak meragukan integritas para hakim. Meski beberapa hakim konstitusi berlatar belakang partai politik, Hamdan menegaskan pihaknya akan bekerja secara profesional.

Majelis hakim MK akan mengetuk palu dan memutuskan kasus ini paling cepat tanggal 22 Agustus mendatang.

Baca juga:  Kaos #2019OgahGantiPresiden Juga Akan Diluncurkan

Sementara di luar gedung, sejumlah massa dari kedua kubu pasangan capres-cawapres menggelar aksi. Kelompok pendukung Jokowi-JK berniat menggelar halal bihalal dengan para hakim dan staf MK.

Mereka datang sambil membawa sepasang ondel-ondel, membagikan bunga sebagai bentuk dukungan terhadap MK agar bisa menjaga integritas dan indepedensi penetapan pemenangan pemilu 2014.

Baca juga:  Maju di Pilpres, Rizal Ramli Enggan Menentukan Tokoh Cawapres

Sementara sejumlah mahasiswa dan relawan pasangan Prabowo-Hatta yang menggelar demo di Gedung MK. Mereka meminta MK bisa melihat data kecurangan dalam Pilpres 9 Juli lalu. [ray|bbs]

Komentar Facebook