Kakak Beradik Pemberani Tangkap Ular Piton

RANTAUPRAPAT | Akbar Muhammad (17) dan Ari (10), warga Jalan Ahmad Yani (Belakang PUSRI), Kelurahan Bakaran Batu, Kecamatan Rantau Utara, Labuhanbatu, Selasa (19/8/2014) siang, sekitar pukul 14.00 WIB berhasil menangkap seekor ular piton dengan panjang tubuh sekitar 3 meter.

Keberhasilan kakak beradik itu menangkap ular sawah itu disinyalir terlalu kenyang memakan satwa piaraan warga. Sebab, selama ini warga selalu resah karena hewan ternak piaraan sering hilang. Diduga kerap menjadi mangsa ular tersebut.

Akbar Muhammad menceritakan, ular piton tersebut awalnya tanpa sengaja terlihat saat sedang memangsa seekor anak ayam ternak di belakang rumahnya. “Pertama kali kulihat, ular itu ada di kandang ayam belakang rumah. Rupanya ular itu sedang memangsa anak ayam ternak kami,” jelas siswa kelas X di SMUN 1 Rantau Utara tersebut.

Baca juga:  KPU Pusat Minta KPU Sumut Jalankan Putusan Sidang JR Saragih

Menyaksikan itu, Akbar pun awalnya mengaku terkejut dan takut. Namun setelah memanggil adiknya Ari, kakak beradik itu pun sepakat untuk menangkap ular piton tersebut. “Ular itu kami tangkap pakai tangan. Saya pegang kepalanya, adik saya Ari pegang ekornya,” terangnya.

Saat itu, Akbar dan Ari pun dengan mudah menangkap ular piton tersebut. Sebab menurut mereka, ular itu tidak dapat banyak bergerak karena bagian perutnya sudah tampak membesar usai memangsa anak ayam ternak milik mereka. “Mungkin ular itu terlalu kenyang hingga sulit bergerak, dan kami dengan mudah menangkapnya,” ungkap Akbar.

Baca juga:  Triwulan I 2020, Ekonomi Sumut Tumbuh 4,65 Persen

Kedua kakak beradik itupun mengaku sama sekali tak merasa takut saat menangkap ular piton tersebut, meskipun mereka mengaku baru pertama kali memegang dan menangkap hewan melata seperti itu. “Ya ini pertama kali kita pegang dan tanggap ular, tapi biasa aja, kami gak takut,” tandas Akbar diamini adiknya Ari yang masih duduk di kelas VI SDN 6 Rantau Utara tersebut.

Sementara Surya (45), ayah dua kakak beradik itu mengatakan, setidaknya ada 3 ekor anak ayam ternak mereka sudah dimangsa ular piton tersebut. “Kalau dihitung kurasa sudah ada tiga ekor anak ayam kami yang dimangsa ular itu,” ujarnya.

Baca juga:  Pemprov Sumut Cegah Masuknya Paham ISIS di Wilayahnya

Bukan hanya ternak mereka, kata Surya, beberapa ekor anak ayam ternak milik tetangganya juga dikabarkan hilang sejak sepekan terakhir. “Dan kita menduga ular piton inilah yang juga memangsa anak ayam ternak milik tetangga kami itu. Makanya bisa dibilang warga juga sudah resah akibat ular piton pemakan ternak ini,” tandasnya.

Pantauan wartawan, ular piton yang ditangkap kakak beradik itupun sempat menjadi tontonan warga sekitar yang ingin menyaksikan langsung hewas pemangsa ternak warga tersebut. [n|jar]

Komentar Facebook