Gubsu Lepas Keberangkatan Jamaah Calhaj Kloter 01 Medan

MEDAN | Gubernur Sumatera Utara Gatot Pujo Nugroho, melepas keberangkatan jamaah calhaj kloter 01/MES berjumlah 431 orang asal Medan yang ditandai dengan penyerahan Pataka Merah Putih kepada kepala regu  Kloter 01/MES di Aula I Madinatul Hujjaj Asrama Haji Medan, Senin (1/9/2014).

Hadir pada acara tersebut Ketua Komisi VIII  DPR RI Sayed Fuad Zakaria, Anggota DPR RI Raihan Iskandar dan Drs Hasrul Azwar, dari Pemprovsu tampak hadir Wagubsu Tengku Erry Nuradi, Pangdam I/BB,  Walikota Kota Medan, Kakanwil Kemenag Sumut dan Ketua Tim Penggerak PKK Sumut Sutias Hadayani Gatot Pujo Nugroho.

Dalam sambutannya Gubsu mengucapkan selamat jalan kepada tamu-tamu Allah, semoga selalu diberi kesehatan agar dapat melaksanakan ibadah haji baik yang sunat dan yang wajib dengan baik dan mendapatkan predikat haji mabrur.

Baca juga:  Dispora Harap 23 Pelatih Baru PPLP Cetak Atlet Berprestasi

“Kita bersyukur karena pada pagi ini kita dapat bertemu di asrama haji ini untuk melepas dan doa restu keberangkatan jammah calon haji embarkasi Medan tahun 1435 H yang tergabung dalam kloter 01 dan rencanannya akan berangkat dari embarkasi Medan sebanyak 16 kloter,”ujarnya.

Provinsi Sumut, kata Gubsu, memiliki satu problem besar yaitu narkoba, sebagai musuh bangsa yang sangat besar hari ini disamping korupsi. Nah, kalau narkoba sudah menghinggapi generasi muda kita. Maka kita khawatir masa depan generasi muda dan bangsa yang kalau  generasi mudanya terpengaruh narkoba.

Sementara itu Ketua Komisi VIII DPR RI H Sayed Fuad Zakaria SE  menyampaikan penyelenggaraan ibadah haji yang dilakukan setiap tahunnya bertujuan untuk memberikan pembinaan, pelayanan dan perlindungan yang sebaik-baiknya bagi jemaah haji sehingga jemaah haji dapat menunaikan ibadah sesuai dengan ketentuan ajaran agama islam. Maka DPR RI bersama pemerintah selalu berupaya untuk meningkatkan pelayanan yang diberikan kepada jamaah haji.

Baca juga:  Kedokteran USU Tolak Siswa Asal Labuhanbatu?

“Komisi VIII DPR RI selalu mendesak pemerintah agar melakukan perbaikan penyelenggaraan ibadah haji dan perbaikan yang dilakukan pemerintah pada penyelenggaraan ibadah haji tahun ini antara lain adalah penyedian pemondokan haji di Arab Saudi yang layak dengan fasilitas yang baik,” ujarnya.

Selain itu, lanjutnya bahwa awalnya komisi VIII dan pemerintah telah sepakat bahwa pembayaran DAM jamaah haji akan dilakuan secara kolektif melalui pembiayaan optimalisasi. Tetapi, kebijakan tersebut dibatalkan karena adanya fatwa MUI yang mengingatkan agar pembayaran DAM secara kolektif dibatalkan karena mengingat DAM adalah kutipan masing-masing individu.

Baca juga:  Ribuan Pil KB Palsu Beredar di Sumut

“Tentunya berkaitan dengan ini kita terus akan mengkaji yang terbaik. Perbaikan penyelenggaran ibadah haji yang dilakukan oleh pemerintah diharapkan dapat memberikan kenyaman dan keamanan kepada jamaah haji dalam melaksanakan ibadah sehingga menjadi haji yang mabrur,” harapnya.

Sementara itu Ketua PPIH Embarkasi Medan Drs H Abd Rahim MHum dalam laporannya mengatakan, jamaah yang diberangkatkan kloter pertama tahun ini berjumlah 431. Sementara untuk Provinsi Sumut akan diberangkatkan sebanyak 16 kloter dengan jumlah 6663 orang jemaah. [ray]

Komentar Facebook