5 Anggota KPU Sumut Terancam Sanksi DKPP

DKPP
DKPP

MEDAN| Lima komisioner KPU Sumut hari ini, Rabu (3/9/2014), dijadwalkanmenjalani sidang di Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Jakarta. Kelima komisioner KPU tersebut diadukan oleh calon legislatif (caleg) dalam pengaduannya ke DKPP.

Mereka diadukan terkait dugaan pengabaian data otentik perolehan suara caleg DPRD Sumut dapil Sumut 6 (Labuhanbatu, Labuhanbatu Utara, dan Labuhanbatu Selatan) atas nama Sujian.

Laporan Sujian terhadap seluruh Komisioner KPU Sumut bertanggal 19 Mei 2014, Nomor 316/I-P/L-DKPP/2014, dengan kuasa Drs Ahmad Yani, terlapor I Mulia Banurea SAg MSi, terlapor II Dra Evi Novida Ginting MSP, terlapor III Nazir Salim Manik, terlapor IV Ir Benget Silitonga, dan telapor V Yulhasni SS.

Baca juga:  PTUN Menangkan Kubu ARB

Peristiwa yang dilaporkan sekitar tanggal 6-12 Mei 2014, tempat kejadian di Kantor KPU Sumut. Sedangkan perbuatan yang dilaporkan, mengabaikan fakta dan data autentik dalam penetapan calon terpilih caleg dari Partai Hanura atas nama Sujian, Nomor Urut 4, Dapil 6 Sumut.

Baca juga:  Inilah Foto Artis AA yang Terlibat Prostitusi Online

Anggota KPU Sumut Benget Silitonga yang dikonfirmasi wartawan terkait panggilan sidang di DKPP memberikan jawaban normatif.

“Ya kita hadapilah,” ujar Benget, seperti dilansir MedanBisnis beberapa saat lalu.

Mengenai materi aduan Sujian, Benget enggan mengomentarinya lebih jauh.

“Nanti kita jawab di sidang DKPP,” singkatnya.

Direktur Sentral Monitoring Informasi (SMI) AT Siahaan, mengungkapkan, persidangan terhadap Sujian digelar hari ini, Rabu (3/9/2014). SMI selama ini kerap mendampingi Sujian terkait permasalahan tersebut.

Baca juga:  Warga Bangun Monumen untuk Mengenang Dokter Korban Konflik Aceh

“DKPP sudah melayangkan surat panggilan terhadap Sujian dengan nomor 2101.239/DKPP-PKE-III/2014 untuk menghadap majelis hakim DKPP. Agenda persidangan yang akan digelar pada Rabu 3 September 2014 mendengarkan pokok laporan pengadu dan jawaban teradu. Surat tersebut ditandatangai oleh Ahmad Khumaidi atas nama Sekjen Kepala Biro Administrasi DKPP,” katanya. [ray]

Komentar Facebook