Petugas Angkasa Pura II Bersihkan Abu Sinabung

MEDAN| Abu vulkanik akibat letusan Gunung Sinabung menyebabkan  landasan pacu Bandara Internasional Kualanamu (KNIA) dipenuhi abu vulkanik. Sejumlah penerbangan, Kamis (9/10/2014), tertunda keberangkatannya.

Abu vulkanik Gunung Sinabung tersebut memenuhi bagian “runway” atau landasan pacu, “taxiway”, dan bagian apron.

Mengetahui banyaknya abu vulkanik tersebut, pihak PT Angkasa Pura 2 Cabang Bandara Kualanamu, berkordinasi dengan Stasiun Meteorologi Bandara Kualanamu dan berbagai satuan kerja bandara untuk memantau perkembangan sekaligus membersihkan area yang dipenuhi abu.

Baca juga:  Pertamina Jalankan Kebijakan Pembatasan Solar

“Pembersihan dianggap perlu dilakukan karena merupakan bagian vital dalam aktivitas penerbangan di Bandara Kualanamu,” ujar Manager Humas dan Protokoler PT Angkasa Pura 2 Cabang Bandara Kualanamu Dewandono Prasetyo Nugroho, seperti dilansir Antara, Kamis siang.

Baca juga:  HMI Medan Tolak Paham ISIS

Petugas memanfaatan mobil pemadam kebakaran yang selalu siaga di Bandara Kualanamu mulai pukul 05.35 WIB.

“Kondisi ‘runway’, khususnya di titik 23 yang ketebalan debunya agak menonjol sudah ‘clear’ (bersih),” ucapnya.

Ia mengatakan, meski abu vulkanik tersebut telah bersih, tetapi pihaknya kembali melakukan pembersihan lanjutan pada pukul 06.00 WIB.

Baca juga:  Rp180 Juta Uang KUD Digondol Maling dari Mobil

Setelah abu vulkanik tersebut dibersihkan, dua maskapai langsung minta konfirmasi untuk lepas landas (take off) dari Bandara Kualanamu.

Kedua maskapai tersebut adalah Lion Air dengan tujuan Bengkulu dan Wings Air yang terbang ke Gunung Sitoli, Kepulauan Nias. [ray]

Komentar Facebook