Lembar Kunci Jawaban UN Bahasa Indonesia Beredar

MEDAN| Hari pertama Ujian Nasional (UN) SMP Sederajat di Kota Medan, Senin (4/5/2015),
diwarnai penemuan lembaran kunci jawaban mata pelajaran Bahasa Indonesia. Dugaan kunci jawaban UN tersebut muncul saat tim Ombudsman RI Perwakilan Sumut dipimpin Ketuanya, Abyadi Siregar gelar sidak di SMP Negeri 1 Medan, Jalan Bunga Asoka pagi tadi.

“Dari temuan kami tadi, ditemukan ada siswa yang memegang kopekan ini. Awalnya saya masih ragu. Tapi setelah kedua kali di ruangan 11, kita menemukan lagi,” kata Abyadi di kantornya di Jalan Mojopahit seperti dilansir Tribun Medan.

Baca juga:  Rp180 Juta Uang KUD Digondol Maling dari Mobil

Atas temuan ini, bilang Abyadi, pihak sekolah enggan memberikan penjelasan. “Pihak sekolah juga terkesan menutup-nutupi. Awalnya mereka gordennya terbuka. Sejak kami temukan itu langsung itu ditutup gorden itu semua,” katanya.

Baca juga:  Rayakan HUT ke-30, Manulife Luncurkan MiUltimate HealthCare

Abyadi menduga, kertas tersebut merupakan kunci jawaban karena 50 butir kunci jawaban di kertas berbentuk mini tersebut sesuai dengan jumlah soal yang diujikan.

“Dari bentuknya yang begitu rapi, saya kira ini memang terencana. Kita kasihan melihat siswanya. Ini tanggungjawab pihak sekolah. Intinya ini soal kejujuran,” kata Abyadi.

Baca juga:  Gubsu Tinjau UN 2015

Temuan ini, rencananya akan dilaporkan ke Ombudsman RI di pusat lalu diserahkan sebelum disampaikan ke Kementerian Pendidikan.

“Jika terbukti pihak sekolah terlibat atas dugaan bocornya soal ujian ini, ini bentuk ketidakjujuran, kepala sekolahnya harus bertanggungjawab,” pungkas Abyadi. [rez| sumber tribunmedan]

Komentar Facebook