Pendaftaran SBMPTN Online Mulai 11-29 Mei 2015

MEDAN| Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2015 akan segera dibuka secara online mulai Senin, (11/5/2015) pukul 08.00 WIB, dan akan berlangsung sampai dengan 29 Mei 2015 pukul 22.00 WIB.

Melalui seleksi ini, Universitas Sumatera Utara (USU) selaku panitia lokal (panlok), menerima sekitar 2.096 orang calon mahasiswa baru untuk Tahun Akademi 2015/2016.

Ketua Umum Panitia Pusat SBMPTN Prof Dr Rochmat Wahab MPd MA melalui Ketua Panitia Lokal (Panlok) Medan USU Prof Zulkifli Nasution MSc PhD menyatakan, seleksi bersama dalam penerimaan mahasiswa baru di lingkungan PTN melalui ujian tertulis secara serentak, jauh lebih efesien, murah, dan fleksibel.

Selain mengikuti ujian tertulis, peserta yang memilih program studi Seni dan/atau Keolahragaan diwajibkan mengikuti ujian keterampilan.

Baca juga:  Tujuh Pengemudi Online Grab Car Pengguna Aplikasi "Tuyul" Diciduk Polisi

“SBMPTN 2015 adalah mekanisme seleksi masuk PTN yang ditetapkan berdasarkan hasil Ujian Tertulis atau kombinasi hasil Ujian Tertulis dan Ujian Keterampilan yang dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia,” ujar Rochmat Wahab dalam siaran persnya kepada edisimedan.com.

Dijelaskan, persyaratan pendaftaran, bagi siswa lulusan tahun 2013 dan 2014 harus sudah memiliki ijazah. Bagi siswa lulusan tahun 2015 telah memiliki Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah, sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan foto terbaru yang bersangkutan dan dibubuhi cap yang sah.

Biaya seleksi yang ditanggung oleh peserta sebesar Rp.100.000,- yang dapat dibayarkan melalui salah satu bank yaitu Bank Mandiri atau Bank BNI.

Baca juga:  Mengenal Wisata Religi Makam Mahligai di Barus

Adapun tata cara pendaftaran, dilakukan secara online yang secara lengkap dapat dilihat pada laman http://pendaftaran.sbmptn.or.id.

Sementara tata cara pengisian borang pendaftaran ujian tertulis dan keterampilan dapat diunduh (download) dari laman http://download.sbmptn.or.id.

Kelompok Ujian SBMPTN sendiri terbagi menjadi 3 (tiga) yaitu: Kelompok Ujian Saintek, Kelompok Ujian Soshum, dan Kelompok Ujian Campuran. Setiap peserta dapat mengikuti atau memilih salah satu dari ketiga Kelompok Ujian tersebut.

Peserta SBMPTN 2015 dapat memilih program studi sebanyak-banyaknya 3 program studi. Jika peserta hanya memilih satu program studi, peserta dapat memilih PTN di manapun. Namun, jika peserta memilih dua atau tiga program studi, salah satu pilihan harus di PTN yang berada dalam satu wilayah dengan tempat peserta mengikuti ujian tertulis.

Baca juga:  Prostitusi Online di Medan Mulai Marak

Ketentuan lainnya menyangkut pilihan program studi, dan termasuk informasi tentang program studi dapat dilihat pada laman http://www.sbmptn.or.id.

Ujian tertulis dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 9 Juni 2015, dan jadwal Ujian Keterampilan bagi pilihan program studi yang mengikutinya dilaksanakan pada Rabu dan/atau Kamis tanggal 10 dan/atau 11 Juni 2015.

Sedangkan pengumuman hasil seleksi dijadwalkan akan diumumkan pada hari Kamis tanggal 9 Juli 2015 pukul 17.00 WIB melalui laman http://www.sbmptn.or.id. Untuk peserta pelamar program Bidikmisi terlebih dahulu harus mempelajari prosedur pendaftaran program tersebut melalui laman http://bidikmisi.dikti.go.id. [rez]

Komentar Facebook