Inilah Jurusan Favorit Mahasiswa Sumut pada SNMPTN 2015

MEDAN| Ratusan ribu peserta Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) akan berburu program studi primadona. Tak terkecuali peserta SNMPTN 2015 ini.

Ketua SNMPTN 2015 Prof Rochmat Wahab, dalam keterangan persnya menjelaskan, setidaknya ada tiga jurusan favorit pada SNMPTN 2015 yang selalu diburu mahasiswa, termasuk di Sumatera Utara.

Tiga jurusan favorit pada SNMPTN 2015 untuk tiap kelompok keilmuan, yakni bidang ilmu saintek. Tiga jurusan favorit teratas adalah, Teknik Informatika, Ilmu Kesehatan Masyarakat dan Farmasi.

Baca juga:  Korban Kritis, Dirujuk ke RSUD Rantauprapat

Sedangkan pada bidang sosiologi umum (soshum), ada tiga jurusan pula yang jadi primadona; Manajemen, Akuntansi dan Ilmu Komunikasi.

“Tren prodi favorit ini tidak jauh berbeda dari pilihan peserta SNMPTN setiap tahun. Pada 2014, jumlah peminat baik SNMPTN dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) paling tinggi adalah prodi Manajemen. Kemudian, pilihan favorit berikutnya adalah Ilmu Hukum, Pendidikan Kedokteran, Akuntansi, Kesehatan Masyarakat dan Teknik Sipil,” terang Rochmat Wahab.

Baca juga:  KPK Terima Pengembalian Uang Kasus Suap Gatot Pujo Nugroho

Tak jauh berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, peminat paling tinggi selalu ada di prodi Pendidikan Kedokteran.

Tercatat 852.093 siswa mendaftar SNMPTN 2015. Tapi hanya 137.005 di antaranya diterima di 63 kampus negeri dengan program studi pilihan masing-masing. Dari total jumlah peserta itu, tahun ini ada kenaikan sepuluh persen. [ded|berbagai sumber]

Komentar Facebook