Rizka Sitanggang, Mahasiswi Berprestasi USU

MEDAN| Rizka Gusti Anggraini Sitanggang atau akrab disapa Rizka, masih tercatat sebagai mahasiswa aktif di Departemen Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Sumatera Utara (USU) stambuk 2014.

Namun dari hobi menulis yang digelutinya sejak SMP, gadis muda kelahiran Medan, 5 Januari 1997 ini membawanya menapaki pergaulan lebih luas di dunia pendidikan Internasional.  “Ibu adalah motivasi saya. Saya akan memberikan yang terbaik untuk orang tua dan bisa bermanfaat bagi orang lain,” ujar anak tunggal ini menjawab tentang motivasinya selama ini.

Kebiasaannya menulis sejak SMA dan sering mengikuti berbagai perlombaan menulis karya ilmiah, ikut menempah bakat Rizka untuk kian menekuni kemampuannya dalam menulis.

“Sejak SMA saya hobi menulis dan sering mengikut lomba menulis karya ilmiah, dan karya ilmiah yang saya kirim sering keluar sebagai pemenang, karena menurut saya menulis itu adalah hobi yang murah namun berkelas,” ujar dara berusia 18 tahun ini.

Baca juga:  Paeran Butuhkan Kepedulian Dermawan untuk Penyembuhan Penyakit yangDiderita

Salahsatu karya tulisnya berjudul “Penggunaan Teknologi di Kalangan Mahasiswa”, menjadikannya tampil sebagai pembicara di Microsoft Sparks Live di Jakarta-Bogor.

Didepan para delegasi dari berbagai Negara, Rizka memimpin Focus Grup Discussion (FGD) yaitu diskusi mengenai topik tulisan yang dibuatnya.

“Saya bangga di usia saya yang waktu itu masih 17 tahun, sudah punya teman akrab dari berbagai belahan dunia, bisa bertemu dengan orang-orang hebat dan di sana, kita juga diakui sebagai orang hebat,” tutur Rizka semangat.

Lewat karya tulisnya pula, Rizka terdaftar menjadi salah satu Keluarga Besar Indonesian Student Yout Forum (ISYF).

Baca juga:  Penmas Unimed Libatkan Alumni dan Lembaga Mitra Dalam Pengembangan Instrumen Akreditasi ISK Menuju Unggul Berbasis Web

Selain menulis, Rizka juga bergelut sebagai relawan (volunteer) di Kelompok Kerja Sosial Perkotaan (KKSP) di Padang Bulan, Medan. Melalui wadah ini, Rizka mengumpulkan anak-anak jalanan dan memberikan mereka pendidikan serta motivasi agar tidak patah semangat untuk berkarya dan berprestasi.

“Harapan saya kepada generasi muda saat ini untuk tidak takut bermimpi mengejar cita-cita. Sebab mimpi adalah penyemangat hidup,” Rizka yang terobsesi mendirikan sekolah gratis bagi anak-anak yang kurang mampu. [ded]

 

BIOFILE

Nama : Rizka Gusti Anggraini Sitanggang
Panggilan : Rizka
TTL : Medan, 5 Januari 1997
Alamat : Jl. Besar Namorame Gg. Sejarah No.107 Dusun IV, Desa Deli Tua
Kecamatan Namorambe, 20356 Medan
E-mail : rizka.tes@gmail.com
URL/ twitter/ facebook : rizkagustianggrainisitanggang.tumblr.com/@rizkagustiastg/
Rizka Gusti Anggraini
Status pendidikan : Mahasiswa S-1 Jurusan Ilmu Komunikasi USU
Hobi : Membaca, menulis dan traveling
Suku : Batak Toba
Kewarganegaraan : Indonesia

Baca juga:  Tabur Bunga ke TMP Awali HUT TNI ke 69 di Sumut

Prestasi :
Runner Up Abacus Aritmatic Sempoa Tahun 2007
Winner Abacus Aritmatic Sempoa Tahun 2007
Winner Abacus Aritmatic Sempoa Tahun 2008
Winner Best of The Best Student Abacus Aritmatic Sempoa, tahun 2009, Di Singapore
Runner Up Abacus Aritmatic Sempoa (Hardiknas) tahun 2009
Penghargaan sebagai Siswa Berprestasi Terbaik dalam pencapaian Olimpiade Matematika
Regional Sumatera Utara, tahun 2011
Socialization about Environment Engineering, tahun 2012 Di Beijing, China
Parlemen Remaja Nasional, tahun 2013
Microsoft Youth Sparks Live, tahun 2014
Banda Aceh Development Youth Forum tahun 2014

Komentar Facebook