Sejuta Kelapa Perlu di Tanam di Aceh

BIREUEN| Pengamat Pangan Aceh Drs Hasanuddin Darjo, MM mengungkapkan, Aceh butuh minimal sejuta bibit kelapa untuk ditanam. Selain untuk memenuhi kebutuhan bagi pengguna, kelapa juga bisa membantu menjadi sebagai salah satu jalan alternatif dalam rangka peningkatan ekonomi warga.

Pernyataan tersebut disampaikan Hasanuddin Darjo yang juga kepala Dinas Pendidikan Aceh saat ini, dalam sebuah silaturrahmi singkat dengan dengan pengurus Forum kelapa Aceh (ForKa) di Bireuen belum lama ini.

Baca juga:  MR No Stop & 6 Penyanyi Asal Panipahan Semarakkan Reuni Akbar IAPK

“Hasil jualan buah kelapa dari mula ia berbuah hingga akhir masa hayatnya, bisa mencecah angka Rp 17.500.000 perbatang, suatu hasil yang sangat menakjubkan. Dengan itu, jika kita bicara ukuran di Aceh, dengan 50 batang pohon kelapa akan bisa menyekolahkan anak hingga ke perguruan tinggi,” ujar Hasanuddin Darjo.

Baca juga:  Pemerintah Tak Tegas Soal Gaza, Menteri Muslim Inggris Mundur

Kelapa juga tidak membutuhkan modal yang besar, tinggal tanam saja, nah kalau ditambah dengan sedikit pupuk pasti hasilnya lebih banyak. Berdasarkan modal yang kecil dan hasil yang lumayan besar, maka diharap semua kita bisa berlomba–lomba tanam kelapa di Aceh, kata Hasanuddin Darjo mengajak.

Baca juga:  Polres Labuhanbatu Rahasiakan Pemanggilan PPK DCKTR

Sementara Ketua Forum Kelapa Aceh (ForKa), Azwani (Keuchik Ali) memberitahu, bahwa Bireuen merupakan salah satu daerah yang memiliki pembibitan yang besar dan bagus di Aceh, forum kelapa sepakat penanaman kelapa terus ditingkatkan di Aceh. [Tarmizi]

Komentar Facebook