Potensi Wisata Paralayang Tor (Bukit) Sarogodung Sipirok.

Sipirok – Uji coba Paralayang di Tor (Bukit) Sarogodung Dusun Garoga, Desa Sarogodung, Kecamatan Sipirok, Kabupaten Tapanuli Selatan, berjalan lancar. Kamis, 2 Juli 2020.

kondisi angin yang cukup baik dan mendukung daerah Sarogodung berpotensi menjadi pusat destinasi olahraga Paralayang,”

Olaharaga Paralayang ini di uji coba oleh atlit paralayang PON Papua 2021 asal Sumatera Barat.
Atlit tersebut menjelaskan bahwa daerah Sarogodung memiliki sumber angin “dynamic lift” dan “thermal lift” sehingga mampu mengangkat parasut lebih tinggi lagi ke angkasa hingga mencapai 1800 dpl (diatas permukaan laut).

Baca juga:  Tuan Rondahaim Saragih Disepakati Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional

Anak dari Kepala Bappeda Tapanuli Selatan Abadi Siregar juga Paraglider yang merupakan inisiator ujicoba paralayang mengatakan lokasi ini sangat cocok dikembangkan sebagai pusat olahraga paralayang.

“Hanya saja perlu perbaikan lebih baik lagi seperti pembersihan lokasi dari kayu – kayu dan batang pohon agar take off tidak mengganggu serta pembangunan infrastruktur jalan menuju puncak bukit,” kata Doli.

Ratusan pasang mata masyarakat sekitar bahkan Sekda Tapanuli Selatan Parulian Nasution, Camat Sipirok Sardin Hasibuan, Kabag Humas dan Protokol Isnut Siregar hadir dan tidak mau ketinggalan, Uji coba paralayang ini mengundang perhatian.

Baca juga:  Umar Zunaidi Minta ASN Kerja 24 Jam

Pemkab Tapanuli Selatan, melalui Sekda Tapanuli Selatan Parulian Nasution mengucapkan terimakasih kepada ketiga Paraglider yang telah melakukan Ujicoba Paralayang di alam “Sipirok Napa-napa ni Sibual-buali” tersebut.

Terbangnya memperlihatkan suasana yang sangat indah. Karenanya Pemkab Tapanuli Selatan terinspirasi, teraspirasi, termotivasi untuk melaksanakan event-event seperti ini kedepannya. Ditambah Paralayang prestasi olahraga yang sangat menantang sehingga bergengsi,” katanya.

Parulian juga meyakini berkembangnya olahraga paralayang di daerah ini akan berdampak ke destinasi wisata yang pada gilirannya dapat menumbuh kembangkan perekonomian masyarakat khususunya masyarakat sekitar disamping merangsang anak-anak muda Tapanuli Selatan menjadi atlet paralayang.

Baca juga:  Mahasiswa Juga Butuh Perhatian Pemerintah, KPSBB Sumut Minta Evaluasi Perkuliahan Daring.

Salah satu Tokoh masyarakat Dusun Garoga, Desa Sarogodung H Alitoibin Siregar mengatakan dengan ujicoba yang lancar dan sukses, berharap kedepan Desa Sarogodung kedepan dapat menjadi pusat olehraga bergensi Paralayang tingkat nasional. Masyarakat siap mendukung penuh, pungkasnya. (Ari)

Komentar Facebook