Sampah Dimana-mana, Rencana Kabupaten/kota Sehat Hanya Angan-Angan

Anggota Komisi 4 DPRD Labuhanbatu Ponimin saat wawancara oleh Wartawan

RANTAUPRAPAT–Kabupaten Labuhanbatu tengah mempersiapkan untuk menjadi Kabupaten/ Kota Sehat setelah mengadakan verifikasi dan sosialisasi beberapa waktu yang lalu bersama Tim Pemkab dari Dinas Kesehatan dan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah. Perencanaan menjadikan Labuhanbatu untuk Kabupaten/kota sehat mendapat Apresiasi dan dukungan dari Komisi 4 DPRD Labuhanbatu.

 

Namun, masalah Drainase atau tempat saluran air pinggir jalan dan masih banyaknya tumpukan sampah di beberapa titik menjadi hambatan untuk menjadikan Labuhanbatu menjadi Kabupaten/kota sehat.

 

Baca juga:  Diterpa Isu, Erik : Ayo Kita Sukseskan PSU Ini Dengan Pola Pikir Yang Positif

Hal ini dikatakan Anggota Komisi 4 DPRD Labuhanbatu dari Fraksi PAN Ponimin saat diwawancarai wartawan Kamis (18/03/2021). Dia mengatakan, kalau ingin menjadi Kabupaten/kota sehat, seharusnya Pemkab Labuhanbatu terlebih dahulu membenahi Drainase dan Tumpukan sampah yang masih berserakan dimana-mana.

 

“Benahi dulu masalah sampah yang masih berserakan dimana-mana, kemudian drainase yang masih tersumbat juga menjadi perhatian khusus,”katanya.

 

Bagaimana bisa menjadi Kabupaten/kota sehat. Jelas Ponimin, jika saluran air di tepi jalan masih tersumbat, itu jelas menimbulkan banyak nyamuk yang identik dengan penyakit.

 

Baca juga:  Pemprov Sumut Kaji Perpanjangan Masa Tanggap Darurat Covid-19

“Bagaimana mau sehat, kalau saluran air masih tersumbat, itukan menjadikan banyak nyamuk, serta menimbulkan bau tak sedap,”jelasnya.

 

Anehnya nya lagi, pembayaran untuk pembelian minyak solar bagi truk pengangkut sampah hingga saat ini masih menunggak, sehingga jam operasional pengangkut sampah menjadi terganggu.

 

“Untuk minyak solar truk itu saja mereka belum bayarkan dari November 2020 – Maret 2021, bagaimana bisa bekerja maksimal membersihkan sampah jika truk tidak memiliki solar,”katanya.

 

Baca juga:  Warga Keluhkan Kondisi Jalan Siringo-Ringo Rantauprapat

Ponimin juga mengatakan, program untuk menjadikan Labuhanbatu menjadi Kabupaten/kota sehat harus dilakukan dengan serius dan jangan ini menjadi akal-akalan saja.

 

“Cek dulu tumpukan sampah serta drainase di seputaran kota, jangan jadikan program ini akal-akalan saja,”tutupnya.(anditan)

Komentar Facebook