Dosen Sendratasik FBS UNIMED Melakukan Pelatihan Peningkatan Kualitas Seni Pertunjukan Reog di Deli Serdang

Deli Serdang – Desa Helvetia Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang menjadis sasaran tempat pelatihan Seni Pertunjukan Reog melalui Program Pengabdian Masyarakat Universitas Negeri Medan dalam meningkatan kualitas mutu Seni Pertunjukan pada kelompok masyarakat Jawa Deli. Masyarakat Jawa Deli yang bermukim di Desa Helvetia Kabupaten Deli Serdang diberikan pelatihan dan pembimbingan pengelolaan Instrumen Musik Dodok dalam mengiringi seni pertunjukan Reog Ponorogo.

Dosen Universitas Negeri Medan yang terlibat dalam kegiatan pelatihan ini terdiri dari Drs. Inggit Prastiawan, M.Sn, Dr. Panji Suruso, M.Si, dan Dr. Uyuni Widiastuti, M.Pd. Tim Dosen Unimed menggelar Pelatihan Peningkatan Kualitas Seni Pertunjukan Reog dengan Instrumen Musik Dodok ini dilakukan sebanyak 4 tahapan dari bulan Juni – Juli 2021 di Sanggar Cipto Budoyo Desa Helvetia Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang.

Baca juga:  Kesiapan RSUD Sangat Penting dalam Penanganan Pasien Covid-19

Pelatihan dan pembibingin ini dilatar belakangi oleh minimnya pengetahuan diantara anggota kelompok seniman Jawa Deli tentang pengelolaan seni tradisional Jawa, ketidakmampuan dalam melakukan inovasi terhadap perlengkapan Instrumen musik pengiringnya dan inovasi terhadap penciptaan komposisi musik iringannya, serta ketidakmampuan dalam melakukan inovasi terhadap konsep-konsep pertunjukan yang dapat mendongkrak daya jual kesenian. Sehingga, solusi yang diatawarkan yaitu memberikan transfer pengetahuan pengelolaan pengembangan dalam menggunakan instrumen musik dodok pada seni Pertunjukan Reog agar tercipta sebuah kebaruan dalam konsep pertunjukannya dan dapat berdaya jual tinggi di masyarakat.

Baca juga:  Perguruan Tinggi Luar Negeri Akan Diizinkan Buka Kampus di Indonesia

Sesepuh adat Jawa Deli di Desa Helvetia yaitu Bapak Agus, mengucapkan terima kasih kepada Universitas Negeri Medan, terkhusus LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat) yang telah berkontribusi dan memberikan perhatian terhadap kesenian yang ada di Kabupaten Deli Serdang pada kelompok masyarakat Jawa Deli. Sehingga harapan di kemudian hari, kesenian tradisi Jawa Deli dapat terus berkembangan serta dapat dilestarikan oleh generasi muda yang ada di desa Helvetia Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang.

Komentar Facebook