Tim PKm Unimed Kunjungi Mitra Kandang Perah Susu Kambing Etawa

Deli Serdang – Tim Program Kemitraan Masyarakat LPPM yang didanai melalui anggaran PNBP Unimed tahun 2021 melakukan kunjungan tahap 1 (satu) kepada Mitra untuk melihat langsung dan mendiskusikan berbagai hal yang menjadi ruang lingkup kegiatan pengabdian kepada masayarakat di Kandang Perah Susu Kelompok Peternak kambing Etawa Simpang Beo, Desa laut Dendang, Kecamatan Percut Seituan Kabupaten Deli Serdang, Sabtu 10 Juli 2021.

Kunjungan lapangan dipimpin langsung oleh Ketua Tim PKM dari dosen FE Unimed yaitu Dr. Nasirwan, SE, M.Si, Ak, CA, anggota Tim Taufik Hidayat, SE, M.Si dan Kornelius Harefa, SE, M.Si beserta dua orang mahasiswa yang ikut terlibat dalam kegiatan tersebut. Menurut Nsirwan, kunjungan ini merupakan tahapan awal kegiatan untuk mengumpulkan berbagai informasi lapangan yang diperoleh langsung dari kelompok peternak sehingga dapat menjadi data awal untuk disusun sebagai materi diskusi yang akan dibawa pada forum FGD kegiatan PKM dimaksud yang dilaksanakan pada minggu pertama Agustus 2021.

Baca juga:  Alumni Unimed Bagikan Strategi Jitu Lulus CPNS dan PPPK

Dijelaskan lebih jauh oleh Nasirwan bahwa program pendampingan tahun 2021 yang didanai melalaui PNBP Unimed tahun 2021 ini memiliki beberapa sasaran yaitu pembinaan sistem tatakelola manajemen usaha peternakan dan pengembangan skala usaha.

Untuk melaksanakan kegiatan tersebut maka Tim berbagai tugas dimana Taufik hidayat akan fokus pada aspek legalitas usaha dan ssitem produksi, Kornelius Harefa pada aspek produksi dan pemasaran, sedangkan Angriyani pada aspek Akuntansi dan Manajemen keuangan Usaha. Sasaran lainnya adalah dalam rangka mendukung implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yaitu dengan melibatkan mahasiswa untuk belajar diluar kampus dengan memahami praktik usaha suatu unit bisnis dan tentunya guna mendorong minat mahasiswa untuk menjadi wirausaha.

Baca juga:  Bandar Sabu Diringkus Polsek Firdaus

Dengan kegiatan ini mahasiswa tentunya dapat mempraktikkan langsung teori-teori yang diperoleh diperkuliahan dengan realita dilapangan khususnya pada mata kuliah Studi Kelayakan Bisnis, Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran, Akuntansi dan Kewirusahaan, apalagi di FE Unimed saat ini sudah ada prodi baru yaitu Kewirausahaan dan Bisnis Digital, ujar Nasirwan, dosen akuntansi alumni Universitas Brawijaya ini.

Tim PKM LPPM Unimed diterima langsung oleh Mitra dari kandang perah Susu kambing Etawa yaitu Sujarwadi dengan antusias dan merasa senang mendapatkan pendampingan dari LPPM Unimed dalam rangka memperbaiki sistem tatakelola peternakan kambing Etawa. Menurut Surjawadi banyak aspek yang perlu mendapatkan masukan dari para akademisi tentang manajemen pengelolaan ternak seperti aspek legalitas usaha, pengolahan maupun pemasaran produk susu, yang selama ini dijalankan secara konvensional saja berdasarkan pengalaman lapangan. Untuk itu Sujarwadi mengucapkan terimakasih atas kesediaan LPPM Unimed yang telah mau memberikan pendampingan untuk penguatan usahanya. Sujarwadi juga berkenan bekerjasama dengan para mahasiswa FE Unimed yang mau memasarkan produk susu nya sebagai pemebelajran dibidang kewirausahaan, apalagi saat ini mahasiswa lebih faham mempromosikan produk secara online sehingga diharapkan dapat membantu memperluas pemasaran produk susu kambing etawa milik kelompok ternaknya.(Eo/Ari)

Baca juga:  850 Personil Polisi Amankan Pelantikan DPRD di Tiga Kabupaten

 

Komentar Facebook