Ketua DPRD Sumut Ajak Kepala Daerah Dukung KPOTI

Medan- Sumatera Utara memiliki kekayaan budaya yang menjadi daya tarik internasional. Maka langkah-langkah pelestarian budaya sangat patut didukung agar kebudayaan Nusantara tak lekang dimakan zaman.

Demikian disampaikan Ketua DPRD Sumatera Utara Drs Baskami Ginting saat menerima kunjungan pengurus Komite Permainan Rakyat dan Olahraga Tradisional Indonesia (KPOTI) Sumut, Rabu (25/8/2021) di ruang kerjanya.

“Saya apresiatif dengan KPOTI Sumut karena gerakannya melestarikan olahraga tradisional dan kebudayaan,” kata Baskami.

Dikatakan Politisi PDI Perjuangan tersebut, Sumatera Utara memiliki kekayaan dan keberagaman budaya yang mampu menjadi daya tarik internasional. Maka sangat perlu upaya-upaya pelestarian budaya dari seluruh pihak.

Baca juga:  Ramaikan Gerakan Sosial #SupportLocalBrandsID, Likuid Dukung Bisnis Merek Lokal selama Krisis Pandemi

“KPOTI ini kan tak hanya soal olahraga tradisional, tapi juga budaya. Maka kita mengajak kepala daerah agar mendukung KPOTI ini. Saya juga akan berbicara ke Pak Gubernur dan kawan-kawan DPRD Sumut terkait dukungan kepada KPOTI Sumut,” tegas Baskami.

Sementara itu Ketua Umum KPOTI Sumut Agustin Sastrawan Harahap menegaskan KPOTI menjadi salahsatu unsur dalam sistem keolahragaan nasional serta sistem pemajuan kebudayaan.

Olahraga prestasi itu gawenya KONI, sementara olahraga tradisional dan pemajuan kebudayaan gaweannya KPOTI.

“Di Provinsi Sumut, sudah ada 18 kabupaten/kota yang terbentuk. Secara nasional sudah ada 34 provinsi dan 256 kabupaten/kota yang terbentuk melestarikan olahraga tradisional dan percepatan pemajuan kebudayaan,” terang Agustin.

Baca juga:  YAFSI Terus Bergerak Edukasi PHBS

Dikatakan Agustin, KPOTI Sumut telah berjalan hampir dua tahun serta melakukan sejumlah kegiatan secara bergotong-royong. Di antaranya mulai dari Pekan Kebudayaan Daerah (PKD) tingkat provinsi hingga pembentukan Pangkalan Olahraga Tradisional (Pangkotrad) sampai tingkat desa.

“Namun itu semua membutuhkan dukungan pemerintah dan legislatif. KPOTI Sumut juga merangkul lapisan masyarakat, tokoh masyarakat, tokoh agama, budayawan, organisasi kemasyarakatan, pegiat budaya, UMKM, organisasi pemuda dan komunitas. Agar semua memiliki rasa kepedulian dan terpanggil untuk bersama sama memajukan kembali budaya Nusantara kita,” kata Agustin.

Baca juga:  Webinar IAKMI Sumut: Penanganan Stunting Bisa Adopsi Cara Pemberantasan Covid-19

Momentum bulan Agustus tahun 2021, KPOTI menjadikannya sebagai bulan Permainan Rakyat dan Olahraga Tradisional (BPROT).

“Ini menjadi momentum penting bagi KPOTI Sumut untuk terus menjemput dukungan dan penguatan dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dan DPRD Sumut. Kami juga telah berkordinasi dengab OPD seperti Dispora, Disbudpar serta Disdik Sumut agar bersama-sama melestarikan dan membumikan permainan rakyat dan olahraga tradisional,” kata Agustin. (Wiji Gatsu)

Komentar Facebook