FIP Unimed Selenggarakan Program Kemitraan Bersama Kampung Wisata Pematang Johar

Deli Serdang – Fakultas Ilmu Pendidikan UNIMED menyelenggarakan Program Kemitraan Masyarakat yang dilaksanakan oleh tim dosen yaitu: Prof. Dr. Yusnadi, MS (Prodi Pendidikan Masyarakat), Elvi Mailani, S.Si., M.Pd. (Prodi PGSD) dan Try Wahyu Purnomo, S.Pd., M.Pd (Prodi PGSD). Berlokasi di Wisata Sawah Desa Pematang Johar Kecamatan Labuhan Deli Kabupaten Deli Serdang.

Program Kemitraan Masyarakat ini berbentuk pendampingan kepada Kelompok Pengelola Wisata Sawah (POKDARWIS) dan masyarakat sekitar dalam mengoptimalkan pengelolaan Wisata Sawah menuju destinasi wisata edukatif ramah anak. Meskipun dalam situasi pandemi Covid-19, kegiatan pengabdian ini tetap berjalan dengan menerapkan protokol kesehatan.

Desa Pematang Johar merupakan desa yang potensi terbesarnya ada pada lahan sawah sehingga desa ini dijadikan sebagai Desa Wisata Sawah yang memiliki pemandangan hamparan pesawahan yang asri bak permadani, kuliner dan galeri produk unggulan desa yang dikelola oleh BUMDES. Pembukaan kegiatan ini dihadiri oleh Sudarman, S.Pd. selaku Kepala Desa Pematang Johar, H. Buhairi Muslim selaku Ketua BPD Desa Pematang Johar, guru dan siswa SD Alfalah Pematang Johar serta masyarakat sekitar.

Baca juga:  Bangun Kepercayaan Diri Anak di Era Teknologi Informasi Melalui Pembentukan Komunitas Dongeng, Dosen Penmas Unimed Gelar Pengabdian Masyarakat

Prof. Dr. Yusnadi, MS, selaku Dekan FIP UNIMED yang juga berperan sebagai ketua PKM dalam sambutannya menyatakan bahwa optimalisasi pengelolaan destinasi wisata harus terus dikembangkan melalui paket wisata menarik, sehingga para wisatawan akan mendapatkan pengalaman baru ketika mengunjungi sebuah destinasi wisata. Paket wisata edukasi yang dirancang pada kegiatan PKM ini adalah sebuah alternatif yang diberikan agar pihak pengelola wisata sawah dapat berkoordinasi dengan jajaran desa dalam upaya mengembangkan paket-paket wisata lainnya yang memiliki daya jual, menarik dan ramah anak, paparnya.

Rangkaian kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Desa Pematang Johar ini dimulai pada Minggu 8 Agustus 2021 dengan tema “Optimalisasi Pengelolaan Kampung Wisata Sawah Menuju Kawasan Edukatif Ramah Anak”.

Kegiatan dilaksanakan dengan menghadirkan nara-sumber: Elvi Mailani, S.Si., M.Pd salah satu dosen PGSD UNIMED yang menyampaikan konsep pengelolaan wisata berbasis paket wisata edukasi ramah anak. Beliau menyampaikan bahwa Desa Pematang Johar memiliki banyak potensi sumber daya alam (SDA) dan sumber daya manusia (SDM) dikembangkan.

Baca juga:  Dosen Sendratasik FBS UNIMED Melakukan Pelatihan Peningkatan Kualitas Seni Pertunjukan Reog di Deli Serdang

Sesuai dengan tema pengabdian, Wisata Sawah ini bisa dikembangkan dan dioptimalkan lagi dengan memfasilitasi kawasan edukatif ramah anak. Anak-anak tidak hanya berwisata memandang indahnya pesawahan namun anak-anak juga difasilitasi paket wisata berupa Field Trip Education, pembuatan anyaman dari jerami dan daun kelapa, permainan edukasi seperti smart engklek dan smart ular tangga serta faisilitas ruang literasi sehingga bisa meningkatkan daya tarik kunjungan dari wisatawan.

Kegiatan ini juga melibatkan Mahasiswa UNIMED sebagai fasilitator field trip, penguatan literasi anak serta melakukan pendampingan dalam proses pembuatan anyaman sebagai produk kreatif pemanfaatan jerami dan daun kelapa. Adapun mahasiswa yang diikutsertakan terdrir dari Tim Teknis yaitu Rezky Amaldo Putra dan Reza Rafizal. Tim Dokumentasi yaitu Rio Genali dan Denisa Reyka Trivena. Tim Pendamping Field Trip yaitu Nabilah Febrianti dan May Syarah dan Pendamping kegiatan menganyam yaitu Winny Adeline.
Kegiatan selanjutnya adalah melakukan simulasi Filed Trip bersama siswa SD Alfalah Desa Pematang Johar.

Baca juga:  IKAPLUSDIKMAS Unimed Gelar Webinar Beasiswa Dalam dan Luar Negeri

Kegiatan tersebut dipandu oleh mahasiswa, dengan membagi dua kelompok. Setiap kelompok saling bekerjasama untuk menjawab setiap soal di tiang persimpangan Track Field Trip.

Soal yang berada di tiang persimpangan hanya akan terbuka jika melakukan scan barcode melalui handphone pemandu, sehingga kegiatan ini mengurangi penggunaan kertas. Di sepanjang jalan pemandu mengajak anak-anak untuk bernyanyi bersama-sama, mulai dari menyanyikan lagu anak-anak sampai lagu Nasional. Setelah sampai di rute finish, anak-anak diajak untuk membaca di Perpustakaan sebagai strategi penguatan literasi anak, disana juga dilengkapi fasilitas buku bacaan yang dapat menarik minat baca anak.(Ari)

Komentar Facebook