Tingkatkan Kemandirian Anak, USU Latih Anak Berkebutuhan Khusus Bertanam Sayur Organik Vertikultur

Deli Serdang Tim pelaksana Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Sumatera Utara yang diketuai oleh Dr. Nini Rahmawati, SP, MSi berinisiatif untuk membantu upaya peningkatan kemandirian ABK melalui pelatihan budidaya sayur organik vertikultur. Kegiatan tesebut merupakan bagian Pengabdian Kepada Masyarakat Skim Kemitraan Mono Tahun Reguler tahun 2021 yang didanai Universitas Sumatera Utara.

PKBM An-Nur Sakinah berlokasi di Kelurahan Galang Kota Kabupaten Deli Serdang. Jumlah ABK (Anak Berkebutuhan Khusus) yang menempuh pendidikan di PKBM An-Nur Sakinah adalah 23 siswa yang diasuh oleh 6 orang terapis. Kurikulum yang diterapkan pada ABK bersifat individual sesuai dengan kemampuan, bakat dan minat masing-masing peserta didik. Materi pelajaran yang disampaikan terutama sekali bertujuan untuk meningkatkan keterampilan untuk mendukung kemandirian ABK.

Baca juga:  Pendaftaran SBMPTN Online Mulai 11-29 Mei 2015

Salah satu keterampilan yang dapat diajarkan pada anak berkebutuhan khusus yaitu keterampilan bercocok tanam. Kegiatan bertani dirasa cukup penting bagi bekal kehidupan setiap manusia, termasuk bagi ABK. Kemampuan budidaya tanaman bagi ABK ini diharapkan dapat dijadikan suatu usaha yang dapat memberikan penghasilan. Selain itu, kemampuan tersebut diharapkan dapat memperluas kesempatan ABK untuk dapat hidup mandiri di tengah kehidupan masyarakat.

Baca juga:  XL Axiata Sediakan Program Ramadan-Lebaran di Rumah

Kegiatan yang telah dilaksanakan adalah pembuatan rumah kassa dan kumbung jamur mini sebagai sarana penanaman sayur organik dengan menggunakan sistem vertikultur. Penggunan vertikultur sangat tepat diterapkan pada pertanian perkotaan dengan luas lahan yang terbatas.

Pada kegiatan tersebut ABK dilatih untuk menanam jamur tiram dan berbagai jenis sayur dan dengan menggunakan media tanam topsoil dan pupuk kandang, melaksanakan pemeliharaan sayuran hingga pemanenan.

Kegiatan ini diikuti oleh ABK dengan antusias dengan dibimbing oleh terapis dan guru-guru PKBM An-Nur Sakinah yang dipimpin oleh Ibu Astuti Syafrida dan didikung sepenuhnya oleh Bunda PAUD Kecamatan Galang.

Baca juga:  DPD BKPRMI Tanah Karo Terbentuk

Tim pelaksana juga membekali seluruh ABK dengan memberikan berbagai jenis bibit sayur dan baglog jamur tiram agar praktek budidaya tanaman ini dapat diterapkan di rumah masing-masing dengan didampingi orang tua. Diharapkan dengan kegiatan ini dapat meningkatkan pemahaman ABK mengenai budidaya sayur organic dan dapat dilaksanakan secara berkelanjutan agar upaya peningkatan kemandirian ABK dapat terwujud.(Ari)

Komentar Facebook