Informasi Buat Pemuda Tanjungbalai, Berikut Silsilah KNPI Yang Benar

Tanjungbalai-Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Tanjungbalai menggelar sarasehan pemuda. Acara yang dihelat, Senin (13/9/2021) malam di Raja Bahagia Resto Tanjungbalai itu menghadirkan sejumlah tokoh.

Di antaranya Ketua OKP se-Tanjungbalai, Ketua KNPI Sumut Samsir Pohan didampingi Sekretaris Muhammad Asril, Ketua Caretaker KNPI Tanjungbalai Ansor Harahap serta Mantan Ketua KNPI Sumut yang juga tokoh masyarakat Tanjungbalai Rolel Harahap.

Rolel Harahap (foto) dalam paparannya menjabarkan sejarah serta juriat (silsilah) kepengurusan KNPI.

Di Provinsi Sumatera Utara, KNPI dibentuk tahun 1974 dengan Bomer Pasaribu sebagai Ketua KNPI Sumut yang pertama.

“Setelah itu berturut dr Zainal Arifin, Wahab Sugiharto, AR Nasution serta Syamsul Arifin di periode 1992-1995,” terang Rolel.

Baca juga:  Samsir Pohan: Rapat Pleno II DPD KNPI Sumut Seperti Rapat Liar

Kemudian periode selanjutnya Ardjoni Munir, Bahdin Nur Tanjung, Firdaus Nasution baru kemudian Rolel Harahap periode 2005-2008.

“Kemudian periode 2008-2014 Bung Yasir Ridho menjabat dua periode. Bung Ridho satu-satunya Ketua KNPI Sumut dua periode sejauh ini. Kemudian Sugiat Santoso baru digantikan Samsir Pohan. Inilah zuriat yang jelas,” kata Rolel.

Sejarah dan zuriat ini, sambung mantan Wakil Walikota Tanjungbalai itu, menjadi penting untuk dipahami pemuda dan OKP di Tanjungbalai.

“Jika saya dan Bung Samsir Pohan sudah hadir di sini, maka inilah KNPI yang benar. Silsilahnya jelas,” kata Ketua KNPI Tanjungalai 1998-2001 tersebut.

Rolel juga menyinggung Kantor Pemuda KNPI Tanjungbalai yang dibangun semasa dirinya menjadi Ketua KNPI Tanjungbalai.

Baca juga:  Terkait Sampah, Fraksi Gerindra Sidak di Pasar Gelugur dan TPA Perlayuan

“Saya hadir di sini maka siapapun nanti yang jadi Ketua KNPI Tanjungbalai dari sini, maka harus menempati kantor tersebut. Itu hak kita,” tukas Rolel.

Sementara itu Ketua KNPI Sumut Samsir Pohan menegaskan eksistensi pemuda khususnya KNPI tergambar dari kosolidasi serta dampak positif yang dibuat untuk masyarakat.

“Pemuda harus berada di tengah-tengah antara pemerintah dengan masyarakat. Harus bisa menyerap dan menanggung aspirasi masyarakat untuk disampaikan dan diperjuangkan ke pemerintah. Begitu juga sebaliknya,” kata Samsir.

Mantan Ketum Badko HMI Sumut itu menegaskan DPP KNPI di bawah kepemimpinan Haris Pertama merupakan mandataris Kongres XV 2018 di Bogor.

“Untuk itu, tidak ada keraguan bagi pemuda untuk solid menjalankan mandat organisasi yang telah disepakati seluruh OKP dan pemilik suara lainnya di KNPI,” kata Samsir.

Baca juga:  IAKMI Sumut Siap Bantu Pemko Medan Tekan Kasus Stunting dan Covid-19

Pada 13-15 Oktober 2021, DPP KNPI mengundang OKP serta KNPI Provinsi dan Kabupaten/kota dalam rangka Rapat Pimpinan Paripurna Nasional.

“Di situ nanti dibahas terkait Kongres Pemuda 2021 serta agenda penting lainnya,” kata Samsir.

Ketua Caretaker KNPI Tanjungbalai Ansor Harahap mengatakan sarasehan pemuda ini merupakan silaturahmi menjelang Musda DPD KNPI Tanjungbalai yang digelar 14 September 2021.

“Kita tegaskan kita solid dan OKP serta OKI di Tanjungbalai mendukung penuh Musda XV KNPI Tanjungbalai. Mari kita semarakkan dan bersinergi dalam energi harmoni,” tukas Ansor. (Wiji Gatsu)

Komentar Facebook