USU Bagikan Bibit Buah Bersertifikat dan Edukasi Petani di STM Hulu Tentang Teknologi Pembibitan

Medan – Tim Universitas Sumatera Utara (USU) melaksanakan kegiatan pengabdian pada masyarakat (PPM) ini di Desa Liang Muda, Kecamatan STM Hulu, Kabupaten Deli Serdang (15/08/2021).

Desa ini terletak di bagian tengah Provinsi Sumatera Utara, sekitar 76 km dari kota Medan dan dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua dan roda empat.

Kondisi jalan ke desa yang kurang baik menyebabkan waktu tempuh dari Medan dapat mencapai 2,5 jam.

Letak desa diantara perkebunan kelapa sawit milik pemerintah maupun swasta. Masyarakat desa Liang Muda sebagian besar petani dan sebagian buruh di perkebunan yang ada di sekitarnya.

Baca juga:  Bergaya ala Taktikal Saat Kampanye, Simbol Bobby Siap Bekerja

Sebagian masyarakat yang memiliki ladang dan lahan pekarangan telah memanfaatkan dengan menanami kelapa sawit.

Kualitas sawit yang kurang baik menyebabkan harga jual menjadi tidak menentu, sehingga sebagian masyarakat sudah mencoba beralih ke komoditi hortikultura buah yaitu alpukat dan lengkeng (klengkeng).

Kelompok Tani (Poktan) Sepakat merupakan salah satu kelompok yang telah mencoba menanam alpukat dan lengkeng tersebut, namun hasil yang diperoleh juga kurang memuaskan. Salah satu faktor, selain kultur teknis, yang menyebabkan rendahnya produksi dan kualitas buah yang dihasilkan adalah kualitas bibit yang digunakan, yaitu berasal dari pohon lain yang tidak jelas kualitasnya.

Baca juga:  Tiga Kali Tahap Vaksinasi, Total 1814 Orang WBP Lapas Labuhan Ruku Terima Dosis Vaksin Tahap 1

Tim pengabdian pada masyarakat USU yang diketuai oleh Ir. Revandy Iskandar Muda MSi, MSc, PhD telah memberikan solusi dengan cara memberikan bantuan bibit alpukat dan lengkeng yang berkualitas dan bersertifikat untuk menghasilkan bibit yang baik.
Selain itu juga diberikan teknologi pembibitan yang tepat kepada kelompok tani, serta bagaimana perawatan bibit selama dalam fase prenursery, teknik budidaya berupa pengendalian hama, teknik pemangkasan dan lain-lain.

Baca juga:  Longsor di Desa Buluh Awar dan Kinangkung Disorot Tokoh Pemuda Sibolangit

Untuk mendukung pengembangan tanaman alpukat dan lengkeng tersebut telah diberikan beberapa peralatan pendukung yang dibutuhkan.

Dari usaha yang dilakukan ini diharapkan kelompok tani yang menjadi mitra tim dari USU ini akan menjadi pelopor dalam menghasilkan buah alpukat dan lengkeng yang berkualitas.

Dengan demikian diharapkan akan dihasilkan tanaman alpukat dan lengkeng yang memiliki produksi yang tinggi dengan kualitas buah yang lebih baik, sehingga dapat meningkatkan pendapatan masyarakat.(Ari)

Komentar Facebook